Peserta SMN Asal Jateng Dibekali di Bandara

Pembekalan peserta Siswa Mengenal Nusantara (SNM) 2019 asal Jateng di kantor kompleks Bandara A. Yani Semarang, Selasa (13/8 - 2019). (Antara/Achmad Zaenal M.)
14 Agustus 2019 03:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Para pelajar Jawa Tengah yang terpilih menjadi peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 di Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa (13/8/2019), menerima pembekalan di Gedung Terpadu PT Angkasa Pura I, kompleks Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Dalam kesempatan itu, para pelajar peserta SMN 2019 asal Jateng diajak untuk lebih mencintai Indonesia sebagai bangsa yang memiliki banyak kekayaan alam dan wilayah yang luas. Ajakan tersebut disampaikan General Manager PT Angkasa Pura I Hardi Ariyanto saat menyampaikan pidato sambutan.

"Indonesia memiliki 17.504 pulau dan 742 bahasa, itu merupakan sebagian kekayaan dari negeri kita yang luar biasa," katanya di hadapan 22 peserta SMN asal Jateng yang akan berangkat menuju Kota Manado, Sulawesi Utara.

Menurut dia, kecintaan terhadap tanah air dan bangsa harus ditanamkan sejak dini terhadap generasi penerus. Hardi mengaku sangat sedih saat mengetahui ada seorang pemuda yang berbuat tidak sepatutnya terhadap bendera merah putih yang merupakan lambang negara.

"Tunjukkan kepedulian kita terhadap negara, jika melihat ada bendera merah putih jatuh di jalan, langsung ambil. Saat di Manado nanti, adik-adik buka wawasan kebangsaan supaya tahu bahwa itu juga bangsa kita, milik bangsa Indonesia," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hardi juga menyampaikan informasi umum mengenai kebandarudaraan, sejarah Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, dan berbagai fasilitas yang ada.

Kepala Sub Bagian Humas PT Perkebunan Nusantara IX Sentot Tri Joko yang menjadi pembicara pada kegiatan pembekalan peserta Program SMN dari Provinsi Jawa Tengah berpesan agar para peserta SNM 2019 mengenalkan produk-produk unggulan dari Jateng saat berkunjung ke provinsi lain di Indonesia. Selain itu, Sentot juga mengenalkan sekaligus memberikan produk-produk dari PTPN IX berupa kopi dan teh siap saji kepada para peserta SMN 2019.

Dalam pembekalan tersebut juga hadir perwakilan dari PTPN X, Kawasan Industri Wijayakusuma Semarang, dan Perum LKBN Antara Biro Jawa Tengah. Program SMN merupakan kegiatan pertukaran pelajar di Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan difasilitasi seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi.

Tujuan SNM adalah untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB yang terpilih menjadi peserta. Keragaman kekayaan nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi selama beberapa hari.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara