HUT RI, KAI Semarang Gratiskan Tiket KA Kedungsepur & KA Kalijaga

Ilustrasi kereta api (Youtube)
15 Agustus 2019 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang akan menggratiskan tiket perjalanan untuk Kereta Api (KA) Kedungsepur dan KA Kalijaga saat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI), Sabtu (17/8/2019) nanti.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, mengatakan para penumpang KA Kedungsepur jurusan Ngrombo-Semarang Poncol, khusus hari Sabtu nanti tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias Rp0.

Hal serupa juga berlaku bagi penumpang KA Kaliga yang melayani rute Semarang Poncol-Stasiun Balapan Solo.

“Baik KA Kalijaga maupun KA Kedungsepur sebagai KA yang melayani perjalanan jarak dekat lusa nanti [Sabtu] tarifnya Rp0. Kami gratiskan harga tiket dalam rangka ikut merayakan Hari Kemerdekaan,” ujar Krisbiyantoro kepada wartawan di Semarang, Kamis (15/8/2019).

Krisbiyantoro mengatakan tingkat keterisian penumpang untuk dua kereta lokal itu saat ini masih relatif bagus. Selain harganya sama-sama dibanderol Rp10.000 per lembar, para penumpang juga diberi akses perjalanan yang cepat dan mudah dijangkau.

“Rata-rata okupansi [tingkat keterisian] pada hari kerja mencapai 60-70%. Kalau akhir pekan bisa full 100%,” imbuh Kris.

Kris pun yakin dengan layanan khusus Hari Kemerdekaan RI itu akan mendongkrak tingkat keterisian penumpang pada tanggal 17 Agustus nanti. Terlebih lagi, peringatan HUT RI itu bertepatan dengan akhir pekan.

Selain KA Kalijaga dan Kedungsepur, promo serupa juga diberikan untuk puluhan perjalanan kereta lainnya. Macam Batara Kresna rute Solo-Wonogiri, Minangkabau Ekspres rute Bandara Minangkabau-Padang, Bandung Raya Ekonomi, Kereta Cibatuan, Sibinuang, Walahar Ekspres.

Direktur Utama (Dirut) PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan meski digratiskan masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp0 itu yang didapat di loket stasiun keberangkatan secara go show, tiga jam sebelum keberangkatan.

Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api.

“Promo ini merupakan bentuk partisipasi KAI untuk menyemarakkan hari lahirnya kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Edi dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com.

Sementara untuk penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan KA. Syaratnya penumpang harus menunjukkan tiket boarding pass maupun e-boarding pass ke petugas di stasiun.

"Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin promo ini dan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan bagi rakyat Indonesia," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya