Lomba Sanitasi Warnai HUT Jateng di Kota Magelang

Upacara Peringatan HUT Ke-69 Provinsi Jawa Tengah di Kota Magelang, Jateng, Kamis (15/8 - 2019). (Antara/Pemkot Magelang)
16 Agustus 2019 07:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MAGELANG — Hari ulang tahun (HUT) ke-69 Provinsi Jawa Tengah diperingati di berbagai daerah di provinsi ini, Kamis (15/8/2019). Tak kecuali di Kota Magelang.

Upacara Peringatan HUT Ke-69 Provinsi Jawa Tengah di kota itu disisipi penyerahan hadiah lomba sanitasi yang diselenggarakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Magelang. Lomba itu memang mewarnai peringatan HUT ke-69 Jawa Tengah untuk tingkat Kota Magelang.

Upacara peringatan di Kota Magelang dipimpin Sekretaris Daerah Pemkot Magelang Joko Budiyono. Upacara dihadiri para pegawai dari berbagai organisasi perangkat daerah, pejabat fungsional dan struktural, serta pegawai pemkot setempat.

Para peserta upacara yang berlangsung di halaman belakang Kantor Pemkot Magelang itu mengenakan pakaian adat Jawa. Jalannya upacara pun menggunakan Bahasa Jawa.

Tiga kelurahan yang mendapatkan hadiah lomba sanitasi adalah Kelurahan Tidar Utara, Pajang, dan Magelang. Kelurahan pemenang itu mendapatkan trofi dan uang pembinaan masing-masing Rp6,5 juta, Rp5 juta, dan Rp3,5 juta.

Gubernur Jateng Ganjar Prabowo dalam amanat tertulis yang dibacakan Sekda Joko Budiyono antara lain mengatakan tentang rencana pemprov mulai 2020 menerapkan program sekolah gratis untuk siswa SMA, SMK, dan SLB dari keluarga miskin. Pemerintah, katanya, juga sudah menyiapkan dana Rp1 triliun untuk memastikan bahwa siswa dari keluarga miskin tidak ditarik biaya sekolah.

“Pembangunan SDM hal utama yang dikerjakan di periode kedua masa jabatan saya (Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, red.). Tidak hanya ilmu dan keterampilan tapi juga mental dan spiritual. Tidak cukup mencetak anak-anak yang cerdas, tapi juga menjadi satria yang berakhlak luhur dan punya semangat kebangsaan serta toleransi yang tinggi,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara